Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

MENGAPA HARUS BELAJAR BAHASA INDONESIA?

Rabu, 24 Februari 2010

Indonesia adalah sebuah negara pluralis. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena dalam kenyataannya keanekaragaman budaya, suku, adat/istiadat dan bahasa hidup dalam suatu organisasi besar yang disebut Negara (Indonesia). Perbedaan yang ada tidak dianggap sebagai hal yang mengancam harmonisasi kehidupan masyarakat melainkan dianggap sebagai modal utama dalam mencapai kemajuan bersama. Kenyataan historis pun membuktikan walaupun pluralisme dalam segala hal hadir dalam denyut nadi bangsa Indonesia tapi semangat kebersamaan sebagai bangsa yang dijajah mampu mengobarkan jiwa patriotisme dan pada akhirnya memproklamirkan diri sebagai bangsa yang berhak memperoleh kemerdekaan sejati.

Sebagai warga negara layaknya harus berbangga terhadap bangsa yang memandang kemerdekaan sebagai hak asasi yang tidak boleh dirampas oleh siapa pun. Perasaan bangga terhadap bangsa hendaknya ditanam dalam benak setiap generasi sehingga tidak memberikan ruang terhadap kecenderungan disintegrasi bangsa tumbuh dan berkembang.

sudah dapat dipastikan bahwa kita semua (rakyat Indonesia) sepakat menyatakan bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa kaya. Bangsa yang hidup dalam keanekaragaman namun tetap nyaring menyuarakan semboyan “BHINNEKA TUNGGAL IKA” (berbeda-beda tetapi tetap satu jua). Kekayaan bangsa sebenarnya terletak pada keanekaragaman (diversity).

Penjelasan singkat diatas sengaja saya (penulis) paparkan dengan maksud untuk menumbuhkan perasaan bangga (pride) dan rasa cinta terhadap tanah air (nasionalisme) dalam setiap diri anak bangsa. Kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa (pride and nationalism) menjadi alasan utama “mengapa harus belajar bahasa Indonesia”

Alasan kedua “mengapa harus belajar bahasa Indonesia” tidak lain tidak bukan karena bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu. Ketika setiap orang mempelajari bahasa Indonesia maka secara tidak langsung telah memperlihatkan semangat kesatuan (unity) sebagai suatu bangsa.

Alasan ketiga lebih ditekankan pada usaha untuk pelestarian, maksudnya dengan belajar bahasa Indonesia secara tidak langsung kita tetap menjaga kelestarian/keberadaannya. Kerena keberadaan bahasa Indonesia memungkinkan setiap kita berkomunikasi dalam suatu warna bahasa yang sama, yang pada akhirnya mempermudah kita menangkap ide/gagasan serta maksud yang diutarakan dari lawan bicara.

Alasan keempat “mengapa harus belajar bahasa Indonesia” adalah keinginan yang kuat untuk menunjukan jati diri bangsa terhadap dunia luar bahwa walaupun bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman bahasa daerah namun bahasa Indonesia memainkan peranan penting sebagai bahasa pemersatu, bahasa yang telah menyatukan dan mengobarkan jiwa patriotisme melawan penjajah dan pada akhirnya memproklamirkan diri sebagai bangsa yang memiliki hak asasi untuk merdeka.

0 komentar:

Posting Komentar