Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

SUKSES DALAM MEMIMPIN

Minggu, 28 Februari 2010

Prinsip hidup ibarat sebuah kompas yang selalu menunjukan arah

Leadership sangat erat kaitannya dengan visi dan misi, karena ia bersifat bergerak dan menggerakan. Umumnya leadership berarti kemampuan seseorang menciptakan visi dan misi yang jelas, detail, serta fokus, dan pada akhirnya dapat mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan.

Leadership memiliki sebuah makna yang bersifat positif dan harus dilahirkan dalam diri setiap pribadi, serta harus diimplementasikan dalam sebuah kehidupan nyata. Seorang bisa dikatakan pemimpin jika ia memiliki prinsip hidup, serta ia harus mengakui prinsip hidup ibarat sebuah kompas yang selalu menunjukan arah, tanpanya arah akan sesat dan salah.

Kepemimpinan (leadership) mencakup empat hal yang umumnya mewarnai sebuah keberhasilan dalam pelaksanannya. Keempat hal itu antara lain:

Attitude, Smart, Motivation, dan Accountability.

Attitude berkaitan dengan sikap yang positif. Seorang pemimpin harus punya integritas tangguh, karena itu sikap mutlak dan tak bisa ditawarkan. Smart artinya banyak akal, karena kecerdasan menentukan keberhasilan. Maka merupakan sebuah keharusan belajar dalam hidup. Motivasi juga nerupakan faktor terpenting menjadikan seorang menjadi pemimpin tangguh. Hal terakhir adalah accountability artinya bertanggungjawab. Bertanggungjawab mencerminkan pemimpin yang tidak mudah mengatakan menyerah dalam menghadapi segala kesulitan.

Jika keempat hal itu mampu dimiliki oleh setiap orang dan tetap mempertahankan konsistensinya maka sebuah identitas pemimpin layak diberikan. Setidaknya ia mampu memproklamirkan diri ditengah kemiskinan jiwa kepemimpinan. Kemiskinan moral yang tidak dapat dipungkiri berakar dari sebuah jiwa pemimpin yang lesu, yang sering lari dari sebuah tanggungjawab, yang tidak cerdas mencari solusi ketika begelut dalam sebuah masalah, segera mungkin dapat diatasi.

MUNGKINKAH BANGSA KITA AKAN MEMILIKI PREDIKAT KEPEMIMPINAN YANG HANDAL....?

0 komentar:

Posting Komentar